Sabtu, 30 November 2013

Contoh Resensi BI

Diposting oleh Nargis Cahya di 08.54.00

Kedewasaan Cinta

Judul                           : Meraihmu
Penulis                         :  Arbie Sheena
Penerbit                       :  Zettu
Jumlah halaman           :  256 halaman
Kategori                      : Novel
Harga                          :  Rp37.500,00
Bulan terbit                 : Juli 2013
Ukuran                                    : 135 x 200 mm 
 Berat                          : 250 gram


Novel meraihmu karya Arbie Sheena ini bercerita tentang kisah cinta remaja saat ini. Novel ini memiliki cover dan judul yang ada di sampul bagian depan serta sinopsis yang ada di sampul buku bagian belakang yang menarik. Apabila anda membaca sinopsis yang ditulis dengan bahasa yang puitis, maka anda akan merasa untuk penasaran membacanya.

Jien adalah siswi murid Avarus yang terkenal sebagai preman sekolah yang paling mengerikan. Dia adalah anak dari kepala sekolah sekaligus pemilik sekolah Avarus. Dia mempunyai sahabat bernama Miza dan mempunyai musuh bernama Dira. Dira adalah siswa teladan di sekolah itu. Dia selalu menjadi juara kelas. Jien tidak pernah memperhatikan guru yang sedang mengajar. Dia selalu membawa PSP nya untuk bermain di kelas pada saat pelajaran atau pergi ke lab. komputer sekolah untuk main game online. Banyak guru yang mengeluh terhadap sikap Jien. Siapapun yang berani melawan dia pasti dikerjai olehnya.
Singkat cerita, sekolah Avaus mendapatkan guru baru bernama Pak Rayi. Pak Rayi adalah pengganti guru sejarah yang lama. Guru sejarah yang lama keluar karena tidak kuat dengan sikap Jien. Pak Rayi mempunyai wajah yang tampan. Selain tampan dia juga baik, perhatian, pedui terhadap murid-muridnya. Awalnya Jien merasa biasa saja dengan Pak Rayi, tetapi seiring berjalan waktu dan banyaknya kejadia rasa itu berubah jadi cinta. Pada suatu hari Pak Rayi menolong Jien yang sedang dipikuli anak-anak suruhan Dira, lalu Pak Ryi membawa Jien pulang ke rumahnya dan mengobati lukanya. Papa Jien juga meminta Pak Rayi menjadi guru les Jien. Pada saat les, Jien selalu menanyakan hal pribadi tentang cinta pada Pak Rayi. Pak Ryi juga sering menolong Jien yang suka dimarahi papanya. Pada saat Jien dan Pak rayi berpacaran, Jien yang awalnya gadis tomboy yang tidak suka dandan berubah menjadi gadis feminim yang suka dandan dan memasak. Dia juga berubah menjadi anak yang rajin belajar. Saat di sekolah dia mendengarkan guru yang sedang mengajar. Dia juga tidak pernah bersikap seperti preman lagi. Jien dan Dira juga jarang bertengkar.

Awalnya papa dan mama Jien kaget melihat perubahan anaknya. Papa Jien mengira bahwa Jien dan Dira pacaran karena mereka terlihat tidak pernah bertengkar lagi. Setelah tau keadaan yang sebenarnya, papa Jien marah dan memecat Pak Rayi. Jien marah dan tidak terima. Jien pergi dari  rumah lalu ikut bersama Pak Rayi ke rumah asal Pak Rayi di Bandung. Papa Jien adalah ketua mafia International yang mempunyai banyak anak buah sehingga dia bisa cepat mengetahui dimana Jien dan Pak Rayi berada. Setelah bertemu, papa Jien memasukkan Pak Rayi ke penjara karena penculikan anak, sedangkan Jien pergi ke Amerika untuk melanjutkan sekolah disana.

7 tahun telah berlalu. Jien selalu berharap cintanya akan kembali padanya. Suatu hari Jien dan Pak Rayi bertemu. Lalu Jien dibawa ke rumah Pak Rayi. Ternyata di rumah Pak Rayi ada istrinya yaitu Bu Hanna guru sekolah Jien yang dulu. Dia kaget, sedih, kecewa melihat kenyataan itu. Lalu dia pergi sambil menangis.

Awal kesan pertama membaca novel ini memang terkesan bosan atau biasa-biasa saja, tetapi apabila kita membacanya dari tengah sampai akhir kita akan merasa penasaran dengan novel ini.

Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, modern jaman sekarang, serta komunikatif atau mudah dimengerti sehingga mudah untuk dibayangkan kejadiannya dan membuat kita bisa merasa ikut dan membayangkan cerita tersebut. Bahasa yang digunakan juga sering menggunakan perumpamaan-perumpamaan yang sedang tenar akhir-akhir ini. Bahasa yang digunakan juga merupakan bahasa sehari-hari dan bahasa modern jaman sekarang sehingga mudah dimengerti kita sebagai para remaja.

Cerita di novel ini penuh dengan kejutan. Hal-hal yang tidak terpikirkan dan tidak mungkin terjadi menjadi sebuah kejadian yang membuat kita kaget dan tidak percaya. Contohnya adalah pada papa Jien yang berprofesi sebagai pemilik sekaligus kepala sekolah Avarus yang terkenal dan berprestasi ternyata adalah kelua mafia International yang menyamar menjadi pemilik serta kepala sekolah untuk menutupi pekerjaannya sebenarnya.

Alur di cerita ini adalah alur maju, karena diceritakannya maju ke depan dan hanya sedikit yang bercerita kebelakangnya.

Tema novel ini menarik yaitu tentang kedewasaan dari kesetiaan dan perjuangan cinta yang tak harus memiliki. Disini diceritakan bahwa selain cinta itu tak harus memiliki, tapi cinta itu bisa merubah seseorang tergantung seberapa besar pengaruh cinta itu. Cerita ini juga menunjukkan bahwa cinta itu buta. Cinta membuat orang terkadang pintar menjadi bodoh atau sebaliknya. Cinta juga membuat orang menjadi cuek atau tidak peduli tentang omongan apapun tentang orang yang kita cintai. Meskipun mereka buruk kita akan menganggap mereka tetap baik.

Penokohannya dalam menunjukkan sifatnya juga menarik terutama pada tokoh Jien. Tokoh ini lebih banyak menggunakan pesan tersirat dalam menunjukkan sifat aslinya. Selain Jien, penunjukan sifat tokoh lain juga menarik.

Nilai atau kandungan cerita ini sangat bagus karena mengajarkan kita tentang sifat kedewasaan yang harus kita miliki. Semuanya bisa berubah seiring berjalannya waktu. Sifat kedewasaan yang diajarkan pada novel ini adalah bahwa cinta itu tidak harus memiliki. Cinta sejati akan terus terkenang selamanya dihati. Semua kejadian apapun itu bisa terjadi karena takdir yang menentukan.

Di novel ini terkadang ada kalimat yang bermaksut mempertegas cerita, tetapi itu malah membuat saya bingung dengan maksut ceritanya.

Novel meraihmu karya Arbie Sheena ini mempunyai cerita yang menarik. Novel ini mempunyai banyak kelebihan tetapi juga mempunyai kekurangan. Terlepas dari berbagai ketidaksempurnaan-nya, harus diakui bahwa novel ini merupakan karya yang memikat dan enak dinikmati. Kita menantikan karya berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nargis Cahya Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review